RSS

Senin, 12 November 2012

Memelihara Kucing


            Melanjutkan artikel sebelumnya, saya akan sedikit memberikan sedikit pendapat tentang memelihara kucing. Memelihara kucing membutuhkan tanggung jawab besar. Anak kucing yang kalian bawa pulang memang bisa menjadi teman bermain dirumah bahkan menjadi keluarga untuk kita selama puluhan tahun. Tapi selama itu pula kucing membutuhkan banyak perhatian dan kasih sayang.
            Anak kucing yang masih kecil harus diberi makan empat kali sehari dalam porsi kecil atau sedikit-sedikit. Sedangkan kucing dewasa hanya makan satau atau dua kali dalam sehari, dan berilah makanan yang cocok untuk kebutuhan kucing kita, gizi kucing pun harus di perhatikan. Makanan anjing dan manusia tidak dapat memenuhi gizi kucing agar tetap sehat.
            Tidak hanya memperhatikan makanan, tapi suhu dan air dingin yang segar juga harus tersedia di setiap waktu. Kebanyakan kucing menyukai susu, tapi sebaiknya susu hanya menjadi makanan sampingan atau cemilan saja, karena terlalu banyak susu akan membuat kucing sakit perut. Kebersihan juga harus diperhatikan, jika kucing dipelihara di dalam rumah, kalian harus melatihnya untuk membuang kotoran di dalam kotak pasir atau kamar mandi. Kucing adalah hewan yang cerdas, jadi mereka dapat cepat mengerti.
            Untuk kucing rumahan mandikanlah kucing kurang lebih 2 minggu sekali, tapi biasanya kucing menjilati bulunya sendiri, itu tandanya bahwa kucing sedang membersihkan dirinya sendiri. Tapi kucing tidak selalu bisa merawat dirinya sendiri, jadi kucing harus dibantu juga oleh manusia. Sisirlah kucing secara rutin setidaknya sekali sehari agar bulunya tidak kusut dan rontok. Dan jangan lupa periksakanlah kucing minimal 1 tahun sekali untuk diberi vaksin. Vaksin kucing dapat rutin, sejak umur 2 bulan berilah kucing obat cacing, setelah itu 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun harus diberi vaksin rutin. Ingat semua ini penting untuk kesehatan kucing dan untuk kesehatan kita semua yang memelihara kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar