RSS

Kamis, 03 November 2011

PELAPISAN SOSIAL DESA DAN KESAMAAN DERAJAT

Banyak yang berpendapat bahwa pelapisan sosial adalah pembedaan atau pengelompokan masyarakat secara bertingkat. Sedangkan  menurut beberpa ahli seperti Drs. Robert M.Z. Lawang Pelapisan Sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise. Sedangkan pelapisan sosial menurut Max Weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
Dan dapat disimpulkan Pelapisan sosial adalah perbedaan /penggolongan penduduk atau masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis) menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise yang termasuk dalam sistem sosial.
Kesamaan derajat, sebelumnya kita sering mendengar kata “emansipasi wanita”. Emansipasi sendiri ialah istilah yang digunakan untuk mendapatkan hak politik maupun persamaan derajat. Kalau kita angkat kata “emansipasi wanita”, dibenak kita pasti tefikir oleh sosok pahlawan wanita yang sangat terkenal yaitu Ibu Kartini.
Bisa kita lihat dari kehidupan nyata, seperti kesetaraan merupakan hal yang dimiliki manusia sejak lahir. Setiap individu memiliki hak-hak dasar yang sama sejak dilahirkan atau yang disebut dengan hak asasi manusia. Meskipun dengan beraneka ragam identitas mulai, dari agama, status sosial, budaya, sukubangsa, kebangsawanan, atau pun kekayaan, kekuasaan dan lain-lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar