RSS

Sabtu, 26 November 2011

DESA, MASAYARAKAT DESA, DAN PEMBANGUNAN DESA

Menurut pemikiran saya, Desa adalah permukiman di area perdesaan. Area pedesaan adalah area yang biasanya sangat sejuk, asri, hijau, jauh dari jangkauan polusi udara, dan sangat terasa dengan masyarakat yang ramah tamah. Desa juga sering disebut dengan kampung. Sebuah desa biasanya dipimpim oleh seorang Kepala Desa. Selain Kepala Desa di desa juga terdapat perangkat desa, biasanya terdiri dari wakil kepala desa, sekretaris, dan perangkat lainnya. Dan terdapat pula badan permusyawarahan desa, yang fungsinya adalah menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa.
Menelusuri kehidupan masyarakat desa sehari-hari kita dapat melihat, bahwa kehidupan keagamaan di pedesaan sangat kental dan terasa. Kebanyakan dari masyarakat desa mereka tidak bisa hidup perorangan atau individu yang mementingkan kehidupan mereka sendiri, tetapi mereka adalah makhluk atau masyarakat yang membuktikan bahwa manusia adalah makhluk yang saling bergantung terhadap makhluk lainnya. Hal ini di buktikan pula dengan cara mereka bergotong royong membangun pedesaan baik, fisik desa, kepribadian desa maupun membangun pola fikir masyarakat desa agar lebih maju.
Awal sebuah desa dibentuk oleh masyarakat dengan memperhatikan asal-usul desa dan kondisi sosial budaya masyarakat setempat. Pembentukan desa dapat berupa penggabungan beberapa desa, atau wilayah bagian desa yang berdekatan, atau dari satu desa menjadi dua desa atau lebih. Sebuah desa dapat berubah sesuai apa yang disepakati oleh masyarakat desa melalui pemikiran atau aspirasi yang ada melalui badan pemusyawarahan masyarakat desa tersebut. Pembanguna sebuah desa juga dapat dilihat dari perubahan fisik, pola fikir masyarakat dari awal desa tersebut terbentuk hingga perubahan-perubahan yang terlihat dan terasa. Desa juga mempunyai ciri budaya khas atau adat istiadat, adat istiadat ini juga dapat berubah atau bertambah dengan berjalannya waktu, dan perubahan pemikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar