RSS

Kamis, 20 Oktober 2011

PERAN PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN

-->
Dalam pemikiran saya terbenak, bahwa setiap kehidupan diperlukan juga suatu perubahan, perubahan bisa dilakukan dengan cara apapun, dengan tujuan yang berbeda-beda pula. Memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas, hal ini merupakan salah satu tujuan yang banyak masyarakat Indonesia inginkan. Tetapi perbaikan taraf hidup memerlukan sarana dan prasarana yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan harkat dan martabat bangsa, seperti halnya pendidikan.


Dalam perannya pendidikan juga mempunyai tugas yang penting, yaitu menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Pembangunan apa? Pembangunan yang dapat membentuk kehidupan masyarakat kedepannya lebih baik dan baik lagi. Peran pendidikan dalam membangun negara juga sangatlah penting, hal ini harus dilakukan sejalan dengan perkembangan zaman yang semangkin pesat. Perkembangan zaman yang semangkin pesat ini selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, oleh karena itu pendidikan sangatlah penting. karena dengan berpendidikan kita bisa mempelajari hal-hal yang baru dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang luas dan yang terbaik sehingga kita dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Pendidikan juga dapat menaikan martabat setiap manusia, dengan pendidikan manusia juga dapat dihormati melalui ilmu-ilmu yang mereka miliki.

Mengenai masalah pedidikan, perhatian pemerintah Indonesia ini saya fikir sangat kurang. Hal ini terlihat dari beragamnya masalah pendidikan yang makin rumit. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal, bahkan aturan UU Pendidikan yang dinilai masih kacau. Dampak dari pendidikan yang buruk inilah yang dapat menyebabkan negeri kita kedepannya makin terpuruk. Keterpurukan ini dapat juga akibat dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan baik di tingkat nasional, propinsi, maupun kota dan kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar