RSS

Rabu, 31 Oktober 2012

Workshop VB.NET


It’s time to workshop, 25 Oktober 2012 saya dan teman sekelas saya Esti Mutiarani mengikuti workshop VB.NET . Workshop dimulai pukul 09.00 , pada saat memasuki ruang workshop kita harus menyerahkan blanko pembayaran, bukti kartu peserta dan KTM Gunadarma, lalu tanda tangan dan pilihlah tempat duduk yang CPU atau komputernya beroperasi. Untuk duduk bebas pilih dimana saja, tapi saran saya lebih baik duduk di depan, karena lebih jelas dan akan lebih paham. Kita juga akan diberikan modul selama workshop berlangsung. Modul yang diberikan kali ini berjudul “INTRODUCTION TO VISUAL BASIV.NET” .



Ada 2 sesi pada workshop ini vb.NET ini, sesi pertama dimulai pukul 09.30-12.00 yang dibahas pada sesi pertama ini adalah penjelasan atau sejarah dari VB itu sendiri dan perbedaan antara VB.NET dengan VB6. Setelah itu semua para peserta diberikan arahan dengan mencoba bersama-sama membuat sebuah program menggunakan VB.NET. Sebelum dimulai pertama membuka prgramnya kita semua diberitahukan project project templates yang ada pada VB.NET ,ternyata tidak jauh berbeda dengan VB6. Setelah itu kita semua sama-sama membuat program dimana kita menggunakan struktur control yang ada seperti If…Else, Select…Case, dan Do…While sampai pukul 12.00.

Pukul 12.00-13.00 adalah waktunya ISHOMA, setelah ini akan dilanjutkan sesi kedua. Pada sesi kedua untuk memasuki ruang semua peserta diwajibkan untuk tandatangan kembali pada kertas yang diberikan. Setelah semua peserta berkumpul, materi dilanjutkan kembali. Pada sesi kedua iniberjalan dari pukul 13.00 sampai 16.00 , yang dipelajari pada sesi kedua ini adalah Class dan Inheritance atau lebih singkatnya kita dapat mengenal suatu object pada VB.NET ini dengan menggunakan fungsi Inheritance dan bagaimana penerapannya pada OOP (Object Oriented Programming).
Setelah ini semua peserta membuat program kembali, program terakhir yang diajarkan adalah baimana penggunaan koding-koding pada program dan bagaimana caranya semua program VB.NET yang dibuat disatukan hanya dalam satu program VB.NET. Setelah semua berhasil dilakukan berakhirlah workshop VB.NET untuk hari ini.
         Kesan saya mengikuti workshop ini, yang pertama seru, mengasikan, tidak membosankan, cara belajarnya asik, dan kakak tutornya baik, sabar, dia mau mengajarkan semuanya sampai semua program benar-benar berjalan. Oh iya nama kakak tutor di Lap.Kom ini adalah kak Satriat. Saran saya coba pembelajaran dikelas dibuat semenarik seperti belajar diworkshop ini, pasti akan sangat seru dan mengasikkan sehingga membuat para mahasiswa ingin terus belajar :D .

1 komentar:

  1. Stainless Steel T-Shirt - Baojititanium
    I have baoji titanium tried this 제주 출장샵 at 문경 출장안마 my local Asian outlet and the one that is closest is the SBO, The Silver Tiger is the best selling handcrafted leather T-Shirt by 세종특별자치 출장샵 T-Shirt 김해 출장안마

    BalasHapus