RSS

Jumat, 26 Oktober 2012

Diskusi Kelompok 3


Pada kesempatan kedua hari selasa 23 Oktober 2012, untuk kelompok 3 dan 4 diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil makalah yang sudah mereka buat. Untuk komentar kali ini saya akan berikan terlebih dahulu pada kelompok 3.
Pada kesempatan ini kelompok 3 mempresentasikan makalahnya yang berjudul “PROSES YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI dan pada kesempatan sesi tanya jawab kelompok ini mendapatkan kurang lebih 3 pertanyaan.
·         Petanyaan pertama yang ditanyakan oleh Try Boy Ginting dari kelompok 4 adalah “faktor-faktor apa saja yang membuat seorang pemimpin dapat memutuskan suatu keputusan dengan baik?”
·         Pertanyaan kedua ditanyakan oleh Bachtiar dari kelompok 6, yaitu “tadi dijelaskan  cara mengambil keputusan secara individual dan berkelompok, itu lebih rumit yang mana ya?”
·         Dan pertanyaan terakhir ditanyakan oleh Billy, yaitu apa itu diktaktor ?

Setelah pertanyaan dikumpulkan, lalu kelompok 3 menjawabnya satu persatu, jawaban pertanyaan pertama adalah agar suatu keputusan yang diambil itu baik, kita dapat lihat dari sisi karakter suatu pemimpin dalam mengambil keputusan itu sendiri, lalu kita lihat bagimana situasi atau keadaannya. Maksud “keadaan” di sini, yaitu disaaat keadaan yang mendesak dimana seseorang akan sulit untuk berfikir, tapi jika dalam suatu keadaan yang tidak terdesak seseorang akan dapat memberikan keputusan dengan baik, sehingga pengambilan keputusan dengan baik dapat digantungkan dengan sebuah keadaan atau situasi.
Selanjutnya jawaban pertanyaan kedua, jawabannya “lebih rumit yang mana? Ya semua itu tergantung, jadi kita harus liat acuannya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, dan harus mencari bukti-bukti atau fakta terlebih dahulu untuk mengetahui baik atau tidaknya suatu keputusan, sehingga ada tanggung jawab pada diri kita masing-masing.
Jawaban untuk pertanyaan billy, diktator itu adalah pemimpin yang otoritas atau membuat peraturan sendiri. Diktaktor cenderung tidak mau memikirkan fikiran orang lain, dengan kata lain seorang diktator adalah seorang yang ingin menang sendiri, dan apapun kemauannya harus di ikuti tanpa memikirkan pendapat orang banyak.
Pada terakhir diskusi bu Ira memberikan komentar untuk kelompok 3, komentarnya “kekurangan dari kelompok 3 adalah yang jawab setiap pertanyaan dia dia doang, ini membuktikan setiap anggota kurang memahami materinya”
Tapi menurutku over all semua berjalan dengan baik, memang masih ada kekurangnnya yaitu ya benar kata bu Ira kurangnya pemahaman materi yang dibuat dan saat presentasi menurutku sangat teks banget. Semoga kritik ini dapat membangun untuk semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar