RSS

Kamis, 15 Desember 2011

INTEGRASI SOSIAL DAN INTEGRASI NASIONAL


“Menurut bahasa Integrasi adalah gabungan dari sesuatu. Sedangkan menurut istilah Integrasi dapat di artikan dengan penggabungan sesuatu yang didasari oleh adanya kerja sama dari seluruh anggota masyarakat, mulai dari individu, kelurga, lembaga, masyarakat, dan nasional.”
Dilihat dari pengertian Integrasi Nasional, saat ini bangsa dan Negara Indonesia sedang mengalami krisis Integrasi Nasional. Banyak konflik yang belum bisa di selesaikan oleh bangsa Indonesia sendiri. Dari konflik korupsi yang semangkin maraknya, perbedaan pendapat sehingga terjadi pembantaian dan pelanggaran HAM dan masih banyak lagi. Sepertinya membangun dan mempertahankan Iitegrasi Nasional adalah di Indonesia cukup sulit.
Untuk memperkokoh Integrasi Nasional bangsa Indonesia harus memperhatikan hal-hal berikut ini, seperti pentingnya memiliki kepemimpinan yang arif dan efektif, membangun kelembagaan yang berdasarkan pada nilai dan norma persatuan dan kesatuan bangsa, konkret tegas dan tepat dalam membentuk aspek kehidupan dan pembangunan bangsa, membangun dan menghidupkan komitmen, kesadaran, dan kehendak untuk bersatu.
Integrasi Nasional juga memicu perubahan yang diinginkan oleh masyarakat, perubahan ini juga yang menghasilkan Integrasi Sosial. Perubahan ini semakin membuktikan bahwa sistem sosial, nilai, adat-istiadat, norma, atau hukum yang berlaku di Indonesia khusunya sudah tidak berjalan dengan semestinya, dan sudah saatnya diubah.

Bentuk Integrasi Sosial
Asimilasi, yaitu pembauran kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli.”
            Hal ini juga sedang marak terjadi di Indonesia, dapat dilihat dengan banyak masyarakat Indonesia yang lebih senang menggunakan produk buatan luar negeri dari pada butan dalam negeri.
Akulturasi, yaitu penerimaan sebagian unsur-unsur asing tanpa menghilangkan kebudayaan asli.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar